Bisnis Startup Bukan Untuk Ajang Keren-kerenan


Wowtekno.com - Founder e-fishery, Ihsan, mengatakan membangun bisnis startup dibandingkan dengan bisnis konvensional sangat berbeda. Menurutnya, bisnis startup adalah mengubah sesuatu yang belum ada menjadi ada. Dengan membangun bisnis startup, maka perubahan hidup masyarakat akan terjadi begitu cepat.

Founder e-fishery, Ihsan. ©2016 Merdeka.com
Dilansir dari merdeka.com, seusai acara Google Launchpad Accelerator di Jakarta (3/3), "Jadi, startup itu definisinya, kita mendesain company yang akan tumbuh dengan cepat. Nah tumbuh dengan cepat ini, nantinya akan membawa perubahan yang sangat cepat. Artinya, peranan untuk yang ke society itu akan besar sekali," kata Ihsan.

"Makanya, kalau kata Paul Graham, apa sih yang membedakan orang bangun bisnis biasa sama bangun startup. Kalau bangun bisnis biasa, orang bangun bisnis yang sudah ada, kemudian diamati, ditiru, dan dimodifikasi. Kalau startup itu menurut buku yang saya baca, itu mengubah yang awalnya gak ada menjadi ada," katanya.

Ihsan pun mengatakan jika booming startup saat ini, jangan dijadikan "aji mumpung" untuk membuat startup lalu mencari pendanaan atau hanya untuk ajang keren-kerenan saja. Namun, sangat diperlukan kesungguhan niat untuk membuat startup.

"Point saya lebih untuk membangun orientasinya saja. Kalau kita ngomong soal starup jangan sampai salah niat hanya untuk keren-kerenan saja. Terlebih, hanya untuk mengejar pendanaan tapi miss manajemen dari pengelolaannya. Sayang sekali, kan resource kita terbatas, nah, ini perlu digunakan baik-baik," tegas Ihsan.
Bisnis Startup Bukan Untuk Ajang Keren-kerenan Bisnis Startup Bukan Untuk Ajang Keren-kerenan Reviewed by Wow Teknologi on March 04, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.