Google Akan Mengembangkan Sistem Pengenalan Suara Secara Offline

Wowtekno.com – Masalah yang hampir semua perangkat lunak dan aplikasi-aplikasi asisten pengenalan suara adalah bahwa mereka memerlukan koneksi ke server untuk memproses permintaan penggunanya. Di sisi yang lain, pengguna juga tidak yakin ini benar-benar diperlukan, terutama bila ada permintaan tertentu yang kecil dan yang cukup sederhana di mana sambungan tidak benar-benar diperlukan.

Ternyata Google telah memikirkan ide tersebut dan perusahaan belum lama ini mengembangkan sistem pengenalan suara offline yang kecil dan cukup ringan di mana ia dapat dijalankan pada handset Nexus 5. Beratnya sekira 20,3MB. Sistem ini telah dikatakan 7x lebih cepat dari sistem saat ini dan hanya memiliki tingkat kesalahan 13,5% kata.

Bagaimana bisa Google mencapai hal ini? Dengan sampling tiga juta suara anonim diambil dari pencarian oleh Google. Suara-suara kemudian lebih lanjut terdistorsi menjadi 20 variasi yang juga berbeda dengan mengekstraksi suara dari YouTube, sehingga memungkinkan sistem untuk mengenali suara yang berbeda bahkan dengan lebih baik. Google ini juga mengandalkan satu model untuk dikte dan perintah suara.

Google Now juga akan datang dengan perintah dengan secara offline meskipun terbatas. Dengan sistem yang ini, Google akan dapat membantu mempercepat proses perintah pengguna. Ini juga akan berarti signifikan bagi pasar dengan kemampuan internet yang juga terbatas.

Google juga mengungkapkan bahwa sistem ini mungkin dapat digunakan pada luar ponsel, seperti produk wearable. Namun belum jelas juga apakah Google memang memiliki rencana untuk meletakkan sistem ini pada perangkat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *