Ingin Pergi Ke Masa Lalu? Timelooper Dapat Mengabulkannya


Wowtekno.com – Dengan membaca buku tentunya dapat menambah pengetahuan kita akan sejarah. Namun dengan dukungang teknologi, kita bahkan bisa memvisualkan apa yang perlu kita ketahui dari sejarah.

Dikutip dari Phys.org (14/3), melalui sebuah aplikasi virtual reality bernama Timelooper, kita dapat pergi ke masa lalu, dan terlibat di berbagai event-event sejarah. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah smartphone, dan sebuah cardboard.

Melalui sebuah demo yang dilakukan co-founder dari Timelooper, Andrew Feinberg, ia mengunjungi Menara London, kastil di pinggir sungai Thames dan berbagai tempat yang menarik di era medieval London.

Dalam aplikasi ini, ternyata bentuk dari bangunannya sama dengan bangunan era modern, namun dilapisi secara digital dengan bentuk bangunan dari masa lalu.

“Kami sebenarnya hanya menumpuk infrastruktur yang lama dengan infrastruktur yang mungkin terlihat di abad ke 13 silam,” ujar Feinberg.

Karena aplikasi ini berbasis lokasi, untuk melihat kejadian bersejarah melalui VR, para pengguna harus datang ke tempat bersejarah tersebut untuk bisa ‘unlock’ dan mendapat pandangan secara ‘virtual’ bagaimana tempat tersebut di masa lalu.

Seperti contohnya jika kacamata VR kita arahkan ke daerah St. Paul’s Cathedral di London, maka terlihat peristiwa ‘Great Fire of London,’ yang terjadi 350 tahun yang lalu di 1666. Peristiwa kebakaran yang terjadi selama 4 hari tanpa henti yang membumi hanguskan 13.000 rumah.

Yigit Yigiter – Geat Fire of London in 1666
© wtop.com

Selain itu, aplikasi Timelooper ini juga digunakan oleh para pemandu wisata di London. Contohnya seorang pemandu wisata di Taman Trafalgar Square, di mana tempat tersebut pernah diledakkan oleh Nazi pada 23 September 1940.

Aplikasi ini awalnya digunakan untuk meningkatkan sektor pariwisata di London. Ide ini berawal dari Feinberg dan Yigit Yigiter, founder Timelooper, yang frustasi akan teknologi pariwisata saat ini, yang tidak terlalu berkembang. Pada September 2015 lalu, akhirnya Timelooper dirilis dengan menawarkan banyak sekali tempat bersejarah yang bisa dilihat masa lalunya melalui VR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *