Setelah Kalah 3 kali, Lee Sedol Akhirnya Menang Lawan Komputer Super Cerdas Google

Wowtekno.com – Setelah menang tiga kali beruntun melawan grandmaster catur China ‘Go’, komputer super cerdas milik Google “DeepMind” dengan programnya “AlphaGo” akhirnya kalah. Ini merupakan kemenangan manusia pertama melawan AlphaGo.

Hari minggu kemarin (13/3) terjadi Kemenangan grandmaster Go asal Korea Selatan, Lee Sedol, atas AlphaGo di Seoul, Korea Selatan. Setelah game keempat kemarin, Sedol mengaku telah menemukan kelemahan software AlphaGo.

“Satu kemenangan ini sangat berharga dan aku tidak akan menukarnya dengan apapun,” ucap Sedol.

Sebelumnya, Sedol memang cukup frustasi di tiga game awal melawan AlphaGo karena salah satu pemain Go terbaik di dunia ini tidak menemukan satu pun kelemahan dari AlphaGo. Namun hari minggu kemarin, Sedol mendapatkan ‘pencerahan’.

Sedol mengatakan ketika dirinya membuat langkah baru yang tidak terduga, AlphaGo meresponnya sebagai ‘bug’ atau kesalahan sistem. Artinya, AlphaGo tidak cukup baik berurusan dengan kejutan, hal yang alami dilakukan manusia.

Selain itu, AlphaGo juga diakui Sedol mengalami banyak kesulitan dalam permainan saat menjalankan batu hitam. Sekali lagi, ini merupakan bukti bila permainan Go sulit ditaklukkan oleh robot,  juga menegaskan butuh intuisi manusia untuk memenangkan game ini.

Game terakhir antara Sedol versus AlphaGo akan berlangsung pada hari Selasa besok. Meski sudah melewatkan hadiah USD 1 juta jika Sedol berhasil mengalahkan AlphaGo 3 kali, itu membuktikan manusia belum kalah dari komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *