Sudah Tahu? Ini Arti Symbol Yang Terdapat Di Belakang Perangkat iPhone


Wowtekno.com – Jika Anda memiliki sebuah perangkat iPhone, Anda pasti sadar dengan adanya beberapa simbol yang terdapat pada body belakang smartphone tersebut. Namun, apa Anda tahu maksud di balik simbol-simbol tersebut?

Dikutip dari laman Mental Floss, sebagian orang mungkin tidak peduli akan hal tersebut, namun hal ini diperlukan agar kita paham seluk beluk perangkat yang kita pakai.

Simbol “FC”

Logo yang terlihat seperti huruf “F” dan “C” ini sebenarnya merupakan huruf F dengan 2 buah huruf C yang saling menimpa. Logo ini menunjukkan bahwa iPhone yang kita gunakan adalah perangkat yang disetujui oleh Federal Communications Commisions (FCC).

FCC adalah lembaga di Amerika Serikat yang mengatur semua perangkat yang menggunakan frekuensi radio. Perangkat yang sudah disetujui FCC, sudah teruji tidak akan mengeluarkan atau menyebabkan emisi berbahaya jika digunakan secara normal.

Simbol tempat sampah yang disilang

Simbol tempat sampah ini, merupakan peringatan larangan membuang perangkat ini di tempat sampah biasa. Apple sendiri menyarankan bagi pengguna untuk menghubungi pengelola sampah lokal terlebih dahulu, untuk tahu di mana tempat membuang peralatan elektronik ini dengan benar.

Simbol ini, secara spesifik merupakan logo dari WEEE (Waste Electrical and Electronic Equipment). Ini adalah gerakan dari beberapa negara di Eropa untuk meminimalisir jumlah sampah elektronik.

Simbol “CE” dan “0682”

Simbol ini juga berasal dari Eropa, di mana keduanya adalah simbol yang menandakan bahwa perangkat iPhone ini telah disetujui. Angka “0682” merupakan nomor yang menandakan “Cetecom ICT Services” yakni sebuah firma akreditasi dari Jerman yang menguji kelayakan iPhone. Sementara simbol “CE” merupakan singkatan dari “Conformite Europeenne”, yakni lembaga yang merepresentasikan persetujuan Uni-Eropa untuk mendistribusikan iPhone di benua tersebut.

Tanda seru di dalam lingkaran

Logo ini menandakan perangkat iPhone adalah “perangkat nirkabel Class II, yang merupakan hal penting untuk pengguna yang berada di luar Amerika Serikat. Sebab, tidak semua pita frekuensi yang ada di iPhone, bisa digunakan di mana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *