Monday, July 16, 2018

Awas Ini Virus Android Yang Sedang Merajalela Di Indonesia

WowTeknologi.Com - Data riset dari blog keamanan siber Trend Micro beberapa waktu lalu mengungkap hal mengejutkan bagi pengguna smartphone Tanah Air. Bagaimana tidak, data tersebut menunjukkan aktivitas virus smartphone Android yang menyerang Indonesia.

Awas Ini Virus Android Yang Sedang Merajalela Di Indonesia

Virus Android yang bernama "Godless" versi baru ini telah menyerang berbagai smartphone yang berjalan dengan OS Android Lollipop 5.1. Godless ternyata mengendap di banyak toko aplikasi, termasuk Google Play Store. Maka dapat dipastikan, sekitar 90 persen gadget Android di dunia kini rentan terserang Godless.


Trend Micro juga mengatakan bahwa saat ini diperkirakan ada lebih dari 850 ribu gadget di dunia yang terinfeksi Godless. Parahnya, Indonesia merupakan negara kedua dengan jumlah korban Godless terbanyak.

Awas Ini Virus Android Yang Sedang Merajalela Di Indonesia
Godless © 2016 phonearena.com

Godless sendiri merupakan malware yang memiliki alat untuk me-root sistem operasi Android. Hal ini memungkinkan Godless melakukan rooting secara otomatis tanpa disadari oleh pengguna. Setelah proses root selesai, si hacker menggunakan Godless untuk memasang aplikasi berbahaya lain termasuk memata-matai pengguna.


Untuk menghindari serangan Godless tersebut, Trend Micro menyarankan pengguna agar memasang anti virus terpercaya. Dan juga sangat disarankan bagi pengguna untuk tidak memasang aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

Ternyata Bermain Smartphone Sambil Tiduran Dapat Menyebabkan Mata Buta!

WowTeknologi.com - Jika Anda sering bermain smartphone sambil tiduran sebaiknya  Anda menghentikannya sekarang juga, sebab hal ini bisa berdampak buruk bagi mata Anda.

Ternyata Bermain Smartphone Sambil Tiduran Dapat Menyebabkan Mata Buta!

Berdasarkan penelitian yang diberitakan oleh New England Journal of Medicine, terjadi kasus kebutaan sementara monokular (satu mata) dikarenakan melihat smartphone sambil tiduran.


Dalam kasus tersebut, dijelaskan bahwa ada dua orang wanita berusia 22 dan 40 tahun yang mengeluhkan satu mata mereka tiba-tiba tidak dapat melihat selama beberapa bulan.


Awalnya tim dokter mengira kebutaan sementara pada satu mata ini disebabkan oleh stroke ringan akibat penyumbatan pembuluh darah di otak. Namun, setelah melakukan tes, dua wanita tersebut tidak mengalami masalah pada kesehatannya.


Semua terjawab setelah dokter dari Rumah Sakit Mata Moorfield di London, Gordon Plant, bertanya kapan gejala kebutaan sementara pada satu mata itu terjadi. Tak disangka kedua wanita tersebut sama-sama menjawab bahwa kebutaan itu muncul saat menggunakan smartphone sambil berbaring dengan satu mata melihat smartphone, dan satu mata lagi tertutup bantal.


Perilaku seperti ini akan memaksa satu mata beradaptasi dengan layar terang smartphone, yang disaat bersamaan mata satunya berada dalam "kegelapan" atau tertutup.


Untungnya, tim dokter mengatakan kebutaan ini tidak mengindikasikan adanya penyakit serius dan dapat dihindari dengan menatap smartphone dengan kedua mata. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda tidak menggunakan smartphone terlalu sering saat tiduran.

Awas Keseringan Chatting Dapat Berdampak Buruk Bagi Jari Anda!

WowTeknologi.com - Chatting merupakan media komunikasi yang populer dijaman sekarang, selain murah cara ini cukup menarik akibat adanya berbagai macam emoji atau stiker. Sayangnya keseringan chatting disebut ilmuwan tidak baik untuk jari tangan kita.

Awas Keseringan Chatting Dapat Berdampak Buruk Bagi Jari Anda!


Dr. Mark Ciaglia, seorang dokter bedah asal rumah sakit Woodlands Center di Texas, Amerika Serikat mengkalim bahwa keseringan mengetik dapat mengakibatkan sendi jari, terutama jempol aus. Bahkan, masalah sendi ini dapat berubah menjadi Arthritis.


Arthritis adalah peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan gerakan antar tulang yang dihubungkan sendi tadi menjadi sulit dan menyakitkan. Penyakit ini kebanyakan terjadi pada orang tua (di atas 55 tahun), namun kegiatan chatting yang terlampau sering bisa memicu Arthritis pada mereka yang masih muda.


Kita menggunakan jari, khususnya jempol untuk melakukan berbagai kegiatan seperti chatting hingga ngegame. Kegiatan seperti ini dikatakan dapat memaksa otot untuk terus bekerja, gerakan bolak-balik tulang akhirnya membuat sendi terkikis lebih cepat.


Nah untuk menghindari hal tersebut, ilmuwan merekomendasikan tiga hal. Pertama, Anda harus mengutamakan telepon untuk menyampaikan pesan yang panjang dari pada mengetiknya. Kedua, gunakanlah posisi tangan dan jari yang tepat saat chatting yang tidak memaksakan jari untuk bergerak bolak-balik di gadget berlayar besar. Terakir, selalu ambil waktu jeda untuk menginstirahatkan jari di tengah sesi chatting atau gaming yang panjang.

Menggunakan Kamera Setara DSLR, Ini Bocoran Casing Belakang iPhone 7

WowTeknologi.com - Akun Weibo Carememore baru saja mengunggah bocoran iPhone 7. Pada bocoran tersebut diprediksi iPhone 7 akan membawa kamera setara DSLR.

Menggunakan Kamera Setara DSLR, Ini Bocoran Casing Belakang iPhone 7

Seperti yang dapat dilihat di foto berikut ini, Apple iPhone 7 hadir dengan desain mirip iPhone 6/6s. Namun perbedaan terlihat pada lubang kamera belakang yang lebih besar. Serta lubang kamera yang menonjol, mengindikasikan Apple akan memakai lensa besar dengan tambahan fitur optical zoom 2-3x.


bocoran iPhone 7 © 2016 Weibo/Carememore

Tentu saja ini pertanda bagus, karena sebelumnya Apple sudah mengakuisisi perusahaan Israel LinX yang bergerak di bidang teknologi kamera. Sehingga tidak aneh jika kamera iPhone 7 nantinya bisa dikatakan setara dengan DSLR.


Terlepas dari itu, menurut Mobipicker, iPhone 7 saat ini sudah mulai diproduksi oleh dua kontraktor rekanan Apple, Foxconn dan Pegatron. Dan kabarnya akan ada 3 varian iPhone 7 yang dibuat, yakni iPhone 7 reguler, iPhone 7 Plus, dan iPhone 7 Pro.

Sunday, July 15, 2018

[Video] Cairan Unik ini Tidak Mematuhi Gaya Gravitasi

WowTeknologi.com - Apakah Anda pernah membeli isi ulang cutter atau silet? Jika pernah, dalam wadah silet tersebut biasanya akan ada cairan lengket berwarna ungu. Cairan tersebut adalah cairan PEG atau polietilena glikol yang berfungsi menjaga silet tetap awet dan anti karat.

[Video] Cairan Unik ini Tidak Mematuhi Gaya Gravitasi

Meski berbentuk cair seperti oli, PEG nyatanya bukanlah cairan murni karena merupakan polimer atau serupa dengan plastik cair. Dan sama seperti polimer lain, PEG memiliki ikatan kimia yang sangat kuat.

Cairan Unik ini Tidak Mematuhi Gaya Gravitasi


Akibatnya, PEG dapat bergerak tanpa mematuhi gaya gravitasi. Berbeda dengan cairan biasa, untuk menumpahkan segelas PEG, Anda cukup menuangnya, seperti yang terlihat di video berikut ini.



MIUI 7.5 Hadir Membawa Fitur MIUI 8

WowTeknologi.com - Xiaomi dikabarkan akan merilis update ROM terbarunya MIUI 8 pada bulan Agustus mendatang. ROM ini nantinya akan membawa fitur terbaru seperti split screen, yang dapat digunakan pada MIUI 8.

MIUI 7.5 Hadir Membawa Fitur MIUI 8

Sebelum MIUI 8 hadir, Xiaomi hari ini telah merilis Stable ROM versi China terbarunya pada ROM MIUI 7.5. Yang didalamnya berisi beberapa fitur menarik yang ada pada fitur MIUI 8.0, seperti pintasan menu, Mi Lanting, aplikasi proteksi, desain notifikasi pesan, tampilan segar aplikasi cuaca, optimasi aplikasi cleaner, wallpaper dan masih banyak lagi.


Nah, Update MIUI 7.5 ini terbagi dalam 2 gelombang, pertama hari ini dan yang kedua pada tanggal 4 Juli mendatang. Perangkat yang akan mendapatkan MIUI 7.5 pada gelombang pertama antara lain Mi Max 64GB/128GB, Mi Max 32GB, Mi 5, Mi 4S, Mi Note Pro, Mi Note, Mi 4c, Mi 4i, Mi 4, Mi 3, Mi 2/2S, Mi Pad 2, Mi Pad 1, Redmi Note 4G (Single SIM) , Redmi 1S.


Dan perangkat lainnya yang akan mendapatkan MIUI 7.5 pada tanggal 4 Juli mendatang adalah, Redmi 3S/3x, Redmi 3, Redmi Note Prime (4G, Dual SIM), Redmi Note 3 MTK, Redmi Note 3 Qualcomm, Redmi Note 2, Redmi 2A, Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi 1.

Begini Pesatnya Kemajuan Internet Yang Mengubah Manusia Menjadi Bodoh!

WowTeknologi.com - Saat ini, sekitar 46,1 persen penduduk bumi sudah dapat menikmati internet. Hal tersebut tentunya meningkatakan jumlah kegiatan di dunia maya. Lalu, bagaimana kondisi dunia maya pada tahun 2016 ini?
Begini Pesatnya Kemajuan Internet Yang Mengubah Manusia Menjadi Bodoh!

Lembaga survei Internet Live Stats baru-baru ini merilis hasil penelitian mereka tetang kegiatan internet yang terjadi di seluruh dunia.
Yang terjadi di dunia maya selama 1 detik di 2016:


    Lebih dari 54.000 pencarian Google dilakukan
    6000-7000 tweet dibagikan
    729 foto diunggah ke Instagram
    125.406 video ditonton di YouTube
    2.177 panggilan video dibuat di Skype
    Tak kurang dari 20.000 pengguna login ke Facebook
    2.501.943 email dikirim


Kemajuan pesat penggunaan internet global ini juga dipengaruhi oleh boomingnya smartphone di berbagai penjuru dunia. Ironisnya, ilmuwan mengatakan smartphone dapat mengubah manusia menjadi "mayat hidup".


Ya, ilmuwan mengatakan bahwa penggunaan smartphone dan internet secara berlebih dapat mengurangi konsentrasi dan membuat otak gampang lupa informasi-informasi penting. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian ilmuwan De Montford University Leicester yang mengikut sertakan 210 orang.


Singkatnya, manusia lama kelamaan akan semakin tergantung kepada gadget dan melupakan betapa pentingnya otak mereka.

Ini Tanda-Tanda Seorang Pecandu Smartphone!

WowTeknologi.com - Smartphone sudah menjadi bagian hidup setiap orang yang tidak terpisahkan lagi. Sayangnya, keberadaan smartphone juga mengakibatkan berbagai dampak buruk apabila salah dalam penggunaannya. Salah satunya adalah kecanduan smartphone.

Ini Tanda-Tanda Seorang Pecandu Smartphone!

Menurut riset yang dilakukan oleh lembaga penelitian dscout, ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa seseorang adalah pecandu smartphone. Tanda-tanda tersebut meliputi:
Jumlah sentuhan pada layar smartphone

Rata-rata dalam satu hari pengguna smartphone berinteraksi hingga 2.617 kali lewat sentuhan pada smartphone mereka. Nah, dari sekitar 100.000 responden yang diteliti dscout, 10 persennya duklaim sebagai pecandu smartphone yang bisa menyentuh layar gadget sampai 5.427 kali per hari!
Durasi menggunakan smartphone

Pada dasarnya, pengguna smartphone normal hanya menghabiskan 2,42 jam sehari untuk menatap layar smartphonenya. Namun, mereka yang sudah sangat terobsesi dengan smartphone terdata sanggup menatap layar smartphone hingga 3,75 jam atau lebih setiap harinya.


Dari waktu hampir 3,75 jam tersebut, pecandu smartphone dapat membuka gadgetnya dan berinteraksi hingga 132 kali per hari. Berbeda dengan pengguna normal yang hanya 76 kali.


Pertanyaannya, apakah Anda juga pecandu smartphone?

Saturday, July 14, 2018

Ternyata Pria Hanya Mampu Meninggalkan Smartphone Selama 21 Detik

WowTeknologi.com - Dewasa ini, siapa yang tidak tergiur menyentuh smartphone yang memiliki berbagai fitur menarik dan aplikasi sosmed di dalamnya? Menariknya, kaum pria terbilang lebih lemah terhadap godaan smartphone ketimbang wanita.

Ternyata Pria Hanya Mampu Meninggalkan Smartphone Selama 21 Detik!

Penelitian dari Kaspersky Lab yang dilakukan oleh Universities of Wurzburg dan Nottingham Trent mengkalim bahwa pria rata-rata hanya mampu menunggu selama 21 detik saja sebelum menyentuh smartphone saat sendirian. Durasi tersebut berbanding terbalik dengan wanita yang dapat bersabar hingga 57 detik sebelum akhirnya menyentuh smartphonenya.


"Penelitian menunjukkan bahwa pada kenyataannya kita terikat jauh lebih dalam lagi pada smartphone, dibandingkan yang kita sadari, dan telah menjadi sifat kedua kita untuk beralih ke smartphone ketika ditinggal sendirian bersama perangkat digital tersebut. Kita tidak bisa lagi hanya menunggu. Kecepatan informasi dan interaksi yang disampaikan melalui perangkat digital ini membuatnya lebih dari sekedar teknologi semata, tetapi sudah seperti pendamping digital dan koneksi bagi kita ke dunia luar," kata Jens Binder dari University of Nottingham Trent.


Selain itu, penelitian ini juga menemukan dorongan untuk memeriksa smartphone sebagai akibat dari rasa takut ketinggalan berita menarik di internet dan jejaring sosial dan takut tidak eksis atau fear of missing out (FoMo).


"Semakin sering peserta menggunakan smartphone, maka semakin mereka merasa takut ketinggalan berita menarik di internet dan jejaring sosial ketika tidak mengakses perangkat digital tersebut," ujar Astrid Carolus dari University of Wurzburg.

Begini Caranya Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

WowTeknologi.com - Terkadang ada pengguna berniat untuk menutup akun jejaring sosialnya seperti Instagram, baik sementara ataupun permanen yang mungkin disebabkan oleh sesuatu hal. Bagi Anda yang kebingungan untuk menghapus akun Instagram Anda secara permanen, berikut kami beritahu caranya.

Begini Caranya Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Sebelum menghapus akun Instagram Anda, perlu diketahui Anda tidak akan dapat mendaftar kembali dengan nama pengguna yang sama, dan Anda tak akan bisa untuk mengaktifkan kembali akun yang telah Anda hapus.


Jika Anda tetap ingin menghapus akun Instagram Anda, berikut cara menghapus akun Instagram secara permanen, seperti yang dijelaskan Instagram dalam laman resminya, Senin (11/7)


1. Buka halaman menghapus Akun Anda. Jika Anda belum masuk ke Instagram di web, Anda akan diminta untuk masuk terlebih dulu.


2. Pilih opsi dari menu buka-bawa di samping Mengapa Anda menghapus akun Anda? dan masukkan kembali kata sandi Anda. Opsi untuk menghapus akun secara permanen hanya akan terlihat setelah Anda memilih alasan dari menu tersebut.


3. Klik atau tap Hapus akun saya secara permanen.


Demikian bagaimana cara untuk menghapus akun Instagram yang bisa dilakukan.

Tidak Mau Susah, Gamer Ini Mainkan Pokemon Go Menggunakan Drone!

WowTeknologi.com - Saat ini Pokemon Go menjadi game yang menuai banyak pujian, sebab, game ini membuat banyak orang melakukan kegiatan di luar rumah sampai mengunjungi tempat-tempat ibadah (Pokestop). Namun ternyata masih ada saja gamer yang mencari jalan pintas untuk memainkan game ini.

Tidak Mau Susah, Gamer Ini Mainkan Pokemon Go Menggunakan Drone!

Salah satu cara yang paling unuk adalah memainkan Pokemon Go dengan drone. Caranya cukup simpel, tinggal memasangkan smartphone ke drone di bagian bawah drone.


Lalu, jalankan aplikasi Pokemon Go yang sama seperti di smartphone menggunakan aplikasi AirDroid. Jadi, satu orang mengoperasikan drone sementara yang satunya memainkan Pokemon Go melalui laptop.


Hasilnya dapat dilihat pada video berikut.


Menurut Anda ini curang atau kreatif?

Sudah Tahu Harganya? Samsung Galaxy Note 7 Akan Dirilis Tanggal 2 Agustus

WowTeknologi.com - Kurang lebih dua minggu lagi Samsung akan merilis perangkat anyarnya terbarunya. Perangkat tersebut adalah Samsung Galaxy Note 7. Saat ini Samsung telah resmi mengkonfirmasi akan meluncurkan Galaxy Note 7 pada tanggal 2 Agustus mendatang, seperti yang dikutip dari Phonearena (14/7).

Sudah Tahu Harganya? Samsung Galaxy Note 7 Akan Dirilis Tanggal 2 Agustus

Kabarnya, Galaxy Note 7 ini bakal langsung tersedia untuk konsumen tanpa harus menunggu. Hal ini bertujuan untuk mencegat gelaran akbar Olimpiade yang dihelat di Rio de Janeiro, Brasil.


Lantas berapakah harga yang akan dibanderol untuk satu unit Galaxy Note 7?


Samsung hampir dipastikan akan membanderol Note 7 lebih mahal dari Note 5. Di Eropa, Samsung akan membanderolnya dengan harga sekitar USD 938 atau setara Rp 12 juta!


Sementara untuk Amerika serikat kemungkinan akan sedikit murah, yakni sekitar USD 800 atau setara Rp 10,4 juta.


Lalu, bagaimana dengan di Indonesia? Seperti yang sudah diperhitungkan, jika sudah terkena pajak, kemungkin besar harga Galaxy Note 7 ini dapat mencapai Rp 15-17 juta per unitnya.


Masihkah Anda berkeinginan untuk membelinya?

Acer Liquid Jade Primo, Smartphone Windows 10 Dengan Harga Rp 8,4 Juta

WowTeknologi.com - Dirilis April tahun ini, smartphone berbasis OS Windows 10 yakni Acer Liquid Jade Primo kini resmi tersedia secara global.

Acer Liquid Jade Primo, Smartphone Windows 10 Dengan Harga Rp 8,4 Juta

Seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (18/7/2016), perangkat ini telah terdaftar pembeliannya di Microsoft Store dengan berlabel harga USD649 atau setara dengan Rp8,4 juta.


Acer Liquid Jade Primo © 2016 windowscentral.com

 Acer Liquid Jade Primo ini memiliki layar seluas 5,5 inci dengan resolusi 1080 piksel. Untuk dapur pacunya ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 808, RAM 3 GB dan storage internal 32 GB.


Disisi kamera, Acer Liquid Jade Primo menggunakan sensor kamera belakang 21 MP dengan dual-LED flash dan kamera depan 8 MP shooter, kapasitas baterai 2.800 mAh, serta sudah mendukung fitur Win10 Continuum.

Begini Cara Mudah Meminimalisirkan Efek Buruk Radiasi Smartphone

WowTeknologi.com - Sudah banyak peneliti kesehatan yang memaparkan akan bahaya dari radiasi smartphone bagi kesehatan. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa radiasi smartphone bisa menjadi penyebab kanker, termasuk leukimia bagi anak-anak.

Begini Cara Mudah Meminimalisirkan Efek Buruk Radiasi Smartphone

Memang benar bahwa penggunaan smartphone memang tidak bisa dihindarkan. Namun Anda dapat meminimalkan efek buruk radiasi tersebut dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.
Gunakan Headset

Menggunakan headset untuk menelepon dan mendengarkan musik adalah cara yang baik untuk meminimalkan paparan radiasi di tubuh.
Speaker-kan Saat Menelpon

Jika Anda tidak menggunakan headset, gunakanlah mode speaker saat menelpon. Sebab semakin dekat Anda menggunakan smartphone, maka semakin besar radiasi yang kemudian diserap oleh tubuh.
Pastikan Sinyal Kuat

Saat berkomunikasi menggunakan smartphone , pastikan bahwa sinyal yang Anda gunakan cukup kuat. Sebab jika sinyal melemah, maka smartphone lebih banyak mengeluarkan radiasi.
Chating Lebih Baik Dari Pada Telepon

Sebenarnya berkomunikasi dengan menggunakan chatting atau SMS lebih sehat untuk tubuh karena mampu mengurangi paparan radiasi.
Jangan Simpan Smartphone Di Saku Celana

Jangan menyimpan smartphone di saku celana dan di saku dada. Karena radiasi yang ditimbulkan dapat membahayakan organ reproduksi dan  jantung  Anda.
Implan Logam Memberikan Radiasi Yang Lebih Buruk

Jika Anda memiliki implan logam di dalam tubuh Anda, sebisa mungkin Anda harus meminimalkan penggunaan smartphone sebab implan logam dapat memberikan dampak radiasi yang lebih buruk untuk tubuh Anda.


Selain tips diatas, Anda juga harus menjauhkan anak-anak dari smartphone karena anak-anak lebih rentan terkena radiasi smartphone ketimbang orang dewasa.

iPhone 7 Tidak Akan Hadir Dalam Tiga Model!

WowTeknologi.com - Beberapa rumor mengungkapkan bahwa iPhone 7 akan hadir dengan 3 model, yaitu iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPhone 7 Pro.
iPhone 7 Tidak Akan Hadir Dalam Tiga Model!

Namun beberapa waktu lalu, seperti yang dikutip dari Phone Arena (19/7), leakers Evan Blass mengatakan bila di tahun ini iPhone 7 hanya akan ada dua model, yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus saja.


Evan mengatakan bahwa tidak akan ada model ketiga setelah perilisannya nanti. Dua model iPhone 7 itu akan memiliki codenamed "Sonora dan Dos Palos".


iPhone 7 © 2016 phonearena.com

Menanggapi 3 foto yang tersebar sebelumnya, Evan juga mengatakan bahwa itu adalah palsu. Di belakang tertulis logo "S"', sementara di tahun ini iPhone 7 tidak menggunakan embel-embel huruf "S".


Apapun itu, kita hanya akan tahu pada bulan September mendatang. Ketika Apple secara resmi merilis iPhone 7 ke publik. Penasaran?

Gamer Ini Menangkap 4.269 Pokemon, Benarkah Sudah Semua Pokemon?

WowTeknologi.com - Baru beberapa minggu game Pokemon Go resmi diluncurkan di Australia, sudah ada orang yang berhasil menangkap semua pokemon yang ada di game augmented reality (AR) tersebut.

Seperti yang dikutip dari Phone Arena (22/7), Nick Johnson pengguna Reddit asal Amerika Serikat dengan akun ftb_hodor sukses menangkap semua jenis pokemon yang ada di Negeri Paman Sam yang totalnya mencapai 142 pokemon.

Gamer Ini Menangkap 4.269 Pokemon, Benarkah Sudah Semua Pokemon?

Nick Johnson

Untuk melakukan hal ini dia bahkan mengambil cuti dua minggu waktu kerja yang untuk menetaskan 303 telur pokemon, dan berjalan kaki hingga 95 mil. Jika ditotal, seluruh pokemon yang dia miliki saat ini mencapai 4.269 pokemon!


Pokemon Go sendiri sebenarnya memiliki total 151 pokemon yang berbeda dalam Pokedex. Namun, masih ada sisa sembilan pokemon yang belum dimiliki oleh ftb_hodor yang diakuinya memang sangat langka dan tidak ada di Amerika.


Pokemon-pokemon langka tersebut kabarnya tersebar masing-masing satu di satu benua, dan tidak dapat ditemukan di benua lain. Dan ke-sembilan pokemon tersebut belum pernah terlihat oleh satu orang pun sampai saat ini.