Tuesday, April 30, 2019

Miris, Komputer Google Berhasil Kalahkan Juara Catur Go

WowTeknologi.com - Setelah dikembangkan selama beberapa tahun, komputer DeepMind milik Google akhirnya menunjukkan kebolehanya. Tidak tanggung, komputer ini berhasil mengalahkan grandmaster permainan catur China Go di dua pertandingan awal dari 5 seri yang ada.


Menggunakan DeepMind, ilmuwan Google telah mengembangkan program berbasis AI atau kecerdasan buatan bernama 'AlphaGo'. Untuk kesekian kalinya, hari ini (10/3) AlphaGo berhasil mengalahkan pemain Go manusia, yakni grandmaster Lee Sedol dari Korea Selatan.

Miris, Komputer Google Berhasil Kalahkan Juara Catur Go

Mengingat AlphaGo sudah memenangi dua pertandingan awal, hanya dibutuhkan satu kemenangan lagi untuk membuktikan teknologi Ai sudah semakin cerdas dari manusia, sekaligus memenangkan uang hadiah. Di pertandingan manusia versus komputer ini, pemenang pertandingan akan mendapatkan hadiah USD 1 juta atau Rp 13 miliar lebih.

Permainan Go dipilih karena dianggap bisa lebih memperlihatkan kecerdasan komputer DeepMind. Permainan ini memiliki banyak kemungkinan langkah, jauh melebihi catur biasa. Sehingga dibutuhkan strategi kompleks untuk memenangi pertandingan ini, apalagi melawan grandmaster.

Insinyur AlphaGo yakin akan kemampuan program kecerdasan buatannya. Sebab, komputer berbeda dari manusia yang ingatan dan ketahanan fisiknya terbatas, AlphaGo disebut bisa melakukan simulasi ribuan permainan Go secera cepat tanpa kenal lelah.

Setelah itu, rekaman permainan sebelumnya akan disimpan untuk memenangkan permainan selanjutnya. Sederhananya AlphaGo dapat belajar dari banyak pengalaman. Bahkan, jumlah pengalamannya bermain Go secara simulasi digital lebih banyak ketimbang jumlah permainan yang dimainkan si grandmaster.

Sebelumnya, AlphaGo juga sudah mengalahkan mantan juara Go Eropa, Fan Hui dengan skor 5-0! Mungkinkah nasib grandmaster Lee Sedol juga akan berakhir sama?

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.