Friday, April 26, 2019

Roket ExoMars Di Terjunkan Untuk Mengungkap Planet Mars

WowTeknologi.com - Sebuah roket diluncurkan untuk bepergian sejauh lebih dari 77 juta kilometer, ke Mars tempat yang katanya akan menjadi rumah masa depan umat manusia.

Dikutip dari Wired (14/3), sebuah roket yang menandai misi pertama dari ExoMars, telah diluncurkan dari Baikonur, Kazakhstan. Peluncuran ini merupakan kerjasama dari Europoean Space Agency dan Roscosmos, space agency dari Rusia. Proyek yang diberi nama ExoMars ini rencananya akan meneliti apakah benar pernah ada kehidupan di planet merah itu. Penelitian ini dilakukan dengan mengirim 2 pesawat luar angkasa, yaitu ExoMars Trace Gas Orbiter, dan sebuah pesawat kecil bernama Schiaparelli.

Roket ExoMars Di Terjunkan Untuk Mengungkap Planet Mars

ExoMars 'Orbiter,' akan meneliti serta mengklasifikasikan kandungan atmosfir Mars, sementara robosensor yang melengkapinya, akan mencari berbagai gas seperti Metana yang mungkin bisa memberi petunjuk bagaimana cara agar bertahan di planet tersebut, yang akan berguna untuk misi-misi Mars selanjutnya.

Namun, proyek ini tak bisa langsung mulai begitu saja. Ternyata, hal yang dilalui untuk memulai sebuah penelitian luar angkasa prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Setelah lepas landas dari Bumi dan sampai ke orbit Mars, hal yang pertama kali dilakukan yaitu mengitari Mars selama 7 bulan dengan tenaga surya. Setelah menganalisa kondisinya, The Orbiter akan masuk lebih dalam ke orbit Mars, sementara Schiaparelli mencari landasan dan terjun menggunakan parasut. Barulah sistem 'aerobrake' bisa diaktifkan dari Bumi, lalu pesawat akan menurunkan ketinggiannya ke permukaan Mars. Dengan proses yang lama ini, penelitian baru akan diproses pada akhir 2017.

Sejauh ini, proyek ExoMars merupakan misi kedua dari European Space Agency untuk mencoba meneliti Mars. Dari 43 misi yang pernah ada sebelumnya, misi-misi tersebut dilakukan oleh Amerika Serikat dan Rusia.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.