5 Cara Nabung Saham untuk Pemula

Melalui email, grup Facebook Saham Gain, WA dan media-media sosial lain, saya sering sekali mendapatkan pertanyaan tentang tips nabung saham...

Melalui email, grup Facebook Saham Gain, WA dan media-media sosial lain, saya sering sekali mendapatkan pertanyaan tentang tips nabung saham. Dan mayoritas pertanyaan2 yang saya terima mereka mengatakan bahwa mereka masih pemula di dunia saham (baru buka rekening saham, baru mulai belajar saham). 

Maka dari itu, untuk anda pemula yang mau nabung saham, jangan sampai anda menabung saham dengan strategi yang salah, karena hal ini akan berdampak pada portofolio anda jangka panjang. 

Ada 4 cara nabung saham untuk pemula yang saya sarankan pada anda. Anda bisa terapkan cara-cara nabung saham ini: 

1. Membeli saham2 mature company

Ada 2 opsi saham yang bisa anda pilih berdasarkan strateginya: Saham growth company dan mature company. Untuk pemula, saya menyarankan pada anda untuk memilih saham2 mature company terlebih dahulu. Baca juga: Investasi Saham: Growth Company or Mature Company?  

Mayoritas saham mature company adalah saham2 blue chip yang memiliki pergerakan harga yang cenderung stabil. Selain itu, saham2 mature company lebih rutin membagikan dividen dengan dividend yield maupun dividend per share yang tinggi. Baca juga: Daftar Saham Blue Chip di Indonesia. 

Tips-nya untuk pemula, pilihlah saham2 blue chip yang produknya dikenal oleh masyarakat, dan saham2 tersebut memiliki Return on Equity (ROE) yang paling besar di sektornya seperti BBRI, BBCA, UNVR, TLKM. 

Untuk pemula, saham2 mature company lebih mudah dicari dibandingkan saham2 growth company. Kelebihan lainnya, saham2 mature company memberikan dividen yang lebih besar nominalnya dan lebih rutin. Sehingga, opsi ini lebih baik untuk pemula. 

Walaupun saham2 growth company memiliki tingkat pertumbuhan saham yang bisa jauh lebih cepat dibandingkan mature company (contohnya anda perhatikan saham INKP, TKIM), tetapi tidak mudah untuk mencari saham growth company, karena anda harus mencari 'harta terpendam' ini. 

Saham2 growth company umumnya harga sahamnya masih 'tidur', sehingga anda harus bisa mencari saham2 seperti ini yang nantinya dalam jangka 1-1,5 tahun harga sahamnya punya potensi meroket, dan hal ini membutuhkan analisa yang jauh lebih detail dan mendalam. 

Anda boleh saja membeli saham2 growth company, tetapi anda harus melakukan diversifikasi dengan tepat. Baca terus poin2 selanjutnya. 

2. Mulai dengan modal kecil

Buat anda pemula, selalu lakukan nabung saham dengan modal kecil. Meskipun anda punya modal lebih, tetapi selalu mulai dengan modal kecil, karena nabung saham ini dilakukan secara kontinu, maka lakukan secara bertahap. 

Saran saya, untuk pemula anda bisa memulai dengan modal Rp500 ribu per bulan. Dan di bulan2 berikutnya nanti, anda bisa suntik modal untuk dibelikan saham yang sama. 

Kenapa minimal sebaiknya Rp500 ribu? Bukan 100 ribu? Hal ini bertujuan agar anda bisa membeli saham2 yang fundamentalnya bagus. Saham2 berfundamental bagus umumnya harga sahamnya sedikit lebih tinggi, maka kalau modal anda terlalu kecil, kemungkinan besar anda akan sulit menjangkau saham tersebut. 

3. Jangan terlalu banyak diversifikasi 

Warren Buffet selalu menyarankan:  Jangan letakkan telor dalam satu keranjang. Artinya, dalam investasi / nabung saham anda disarankan untuk diversifikasi saham. 

Diversifikasi itu perlu. Tetapi untuk pemula, saya menyarankan pada anda untuk fokus dulu di satu saham, supaya hasil yang anda dapatkan lebih maksimal. Karena kalau modal anda masih kecil dan anda bagi ke dalam 2-4 saham, maka diversifikasi anda jadi tidak maksimal. 

Kalau anda nabung saham, fokus dulu nabung di satu saham yang sama yang sudah anda pilih. Nah, kalau anda sudah belajar banyak hal baru tentang saham, investasi dan lain2. Modal anda juga sudah mulai berkembang, anda baru saya sarankan untuk mulai diversifikasi dan mencari saham tambahan lain yang mau ditabung. 

Kembali ke poin satu. Kalau misalnya anda mau nabung saham blue chip. Lalu dalam perjalanan anda menemukan saham growth company yang bagus, anda boleh saja menambah diversifikasi di saham tersebut. 

Saran saya, untuk nabung saham lakukan diversifikasi 2-3 saham, dan jangan terlalu banyak diversifikasi. 

4. Tambah modal di momen yang tepat

Jika anda ingin menambah modal dan membeli saham, lakukan di momen yang tepat. Jangan hanya asal beli saham setiap kali ada modal. Tetapi perhatikan momentum market, momentum saham tersebut, supaya anda bisa mendapatkan saham di harga yang bagus untuk ditabung. 

Saya pernah menuliskannya disini: Strategi Nabung Saham yang Efektif dan Nabung Saham, Kok Tambah Rugi? Ada baiknya anda yang masih pemula, anda baca kembali pos saya tentang strategi2 nabung saham yang pernah saya ulas. 

5. Orientasikan nabung saham untuk jangka panjang 

Nabung saham berarti orientasi anda untuk jangka panjang. Banyak pemula yang ketika nabung saham dan sahamnya naik, langsung dijual. Maka itu bukanlah nabung saham. 

Kalau anda nabung saham, maka anda harus punya tujuan jangka panjang, yaitu mendapatkan dividen dan kenaikan harga saham dalam time frame diatas satu tahun. 

Jadi buat investor pemula yang mau nabung saham, terapkan 5 langkah untuk nabung saham. Terutama dari segi pemilihan saham, momentum menambah saham dan manajemen modal harus anda perhatikan dengan baik. 
Nama

Acer,1,Analisis Saham (Fundamental),21,Analisis Saham (Teknikal),14,Android,94,Andromax C,1,andromax i new,1,apk,3,Aplikasi,2,appGames,2,Apps,52,Asus,3,Asus Tips,2,Bandarmologi Saham,2,Baterai,1,Belajar Saham Expert,23,Belajar Saham Intermediate,23,Belajar Saham Pemula,35,Berita,5,Browser,1,Buku,15,Corporate Action,10,Daftar Saham,3,Definisi,8,Desain,3,Download,4,Drone,1,Editor,6,Edukasi Saham,1,Effect,1,EMoney,2,Emulator,4,Facebook,2,Featured,19,Fitur,2,Gadget,60,Galaxy,2,Game,38,Games,13,Google,2,Grup Belajar Saham,1,Harddisk,1,Huawei,1,Human,1,IdnFinancial,1,IDX,6,Indeks Saham,6,Indihome,1,Indosat,1,Instagram,7,Internet,11,Investasi Saham,5,iOS,1,iPhone,3,Kalkulator Trading,1,Laptop,2,LG,1,Linux,1,Macbook,2,Manajemen Modal,5,Marketplace,2,Mekanisme Perdagangan,10,Modal Saham,8,Nabung Saham,3,Netflix,1,News,46,Opera Mini,2,Oppo,7,PC/KOMPUTER,3,Pengalaman Main Saham,2,Perbankan,1,Platform Aplikasi,7,Pokemon,2,Power Bank,1,Profit Konsisten,1,Provider,8,Realme,6,Refleksi,3,Rekomendasi Saham,2,review,6,ROOT,1,rooting,2,Saham Blue Chip,5,Saham Gocap,2,Saham Gorengan,13,Saham IPO,7,Saham LQ45,2,Saham Murah,6,Saham Online,6,Saham Tidur,2,Saham Turun,2,Samsung,26,scalping,4,Screening Saham,20,Sekuritas,2,Smartphone,35,Social Media,8,Social Messaging,14,Software,5,Software Trading,3,Speedtest,1,SSH,1,Startup,24,Swing Trading,2,Tech,12,Teknologi,19,Telkomsel,3,Tips,19,Tips dan Trik,4,Tips Investasi,19,tips triks,74,TIPS/TRIKS,2,Trading Harian,15,Trading Plan,3,Trading yang Benar,18,Tutorial,38,Tutorial Android,30,Tutorial Iphone,1,Tutorial Komputer,5,Ulasan Market,14,Ulasan Saham,13,Video,4,Vivo,7,Whatsapp,14,Wi-Fi,1,WiFi,3,Windows,16,Windows 10,6,Wow,208,Xiami,1,Xiaomi,17,XL,1,Youtube,3,
ltr
item
Wow Teknologi dot Com: 5 Cara Nabung Saham untuk Pemula
5 Cara Nabung Saham untuk Pemula
Wow Teknologi dot Com
https://www.wowteknologi.com/2019/09/5-cara-nabung-saham-untuk-pemula.html
https://www.wowteknologi.com/
https://www.wowteknologi.com/
https://www.wowteknologi.com/2019/09/5-cara-nabung-saham-untuk-pemula.html
true
5926493801603795123
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content