Cara Diversifikasi Modal: Saham, Deposito, Reksadana

Beberapa waktu lalu, saya mendapat pertanyaan dari salah satu pembaca web ini yang ingin mulai berinvestasi. Pertanyaannya sebagai berikut: ...

Beberapa waktu lalu, saya mendapat pertanyaan dari salah satu pembaca web ini yang ingin mulai berinvestasi. Pertanyaannya sebagai berikut: 

"Pak Heze, saya punya modal Rp100 juta. Saya pingin investasi. Saya pingin trading atau investasi di saham. Menurut saran Pak Heze, dengan uang Rp100 juta apakah saya sebaiknya masuk di saham atau diversifikasi di deposito / reksadana?"

Pertama-tama anda harus mengetahui profil risiko anda. Saham memang memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan reksadana apalagi deposito yang sifatnya hanya pasif income. Namun saham juga memiliki potensi profit yang lebih besar ketimbang deposito atau reksadana. 

Jadi kalau anda sudah yakin untuk masuk di saham (entah anda mau putar duit anda untuk trading jangka pendek atau investasi), maka pertanyaan selanjutnya: Perlukah membagi modal untuk saham dan deposito / reksadana? 

Saran saya, kalau anda punya modal besar, anda boleh pertimbangkan untuk membagi modal untuk trading / investasi saham dan untuk investasi di instrumen investasi lainnya. 

Tujuannya supaya anda memiliki pasif income dengan risiko yang lebih rendah (seperti deposito dan reksadana), dan anda juga memiliki instrumen trading / investasi yang bisa menghasilkan return lebih besar (saham). 

Bagaimaan cara membagi modal untuk saham dan deposito / reksadana? Berikut saya berikan ilustrasi / contoh membagi modal untuk trading / investasi saham dan deposito (anda bisa menjadikannya sebagai referensi anda): 

Investasi saham dan deposito
Jika anda punya modal besar (harus modal menganggur), anda bisa melakukan alokasi modal seperti diatas, misalnya anda lakukan alokasi 50% untuk saham, dan 50% deposito. 

Kalau anda lebih suka trading saham, anda bisa alokasikan modal lebih misalnya 60% untuk saham dan sisanya deposito. Kalau anda tipikal orang yang konservatif, anda bisa alokasikan modal lebih banyak untuk deposito, misalnya 60%-70% deposito dan sisanya saham. 

Pada tabel diatas, saya menuliskan bahwa jika anda ingin trading saham, alokasikan modal 'Rp3 juta trading, sisanya untuk suntik modal'. Mengapa demikian? 

Karena jika anda masih pemula di dunia saham, saya menyarankan anda untuk trading dengan modal kecil, meskipun mungkin anda sudah punya duit gede. 

Di pos ini: Modal Ideal Trading Saham, saya juga menuliskan modal ideal trading saham untuk pemula minimal adalah Rp1-3 juta terlebih dahulu. 

Hal ini karena untuk mendapatkan profit di saham, anda harus melakukan analisa mulai dari analisa teknikal (membaca chart), analisa fundamental dan memilih saham2 yang layak untuk dibeli. Baca juga: Cara Memilih Saham yang Tepat untuk Dibeli. 

Dengan menggunakan modal relatif kecil, maka psikologis anda akan lebih tenang, sehingga anda bisa mengambil keputusan trading yang jauh lebih berkualitas. 

Nah, jika anda sudah mulai bisa menghasilkan profit dengan modal Rp1-3 juta, anda baru disarankan untuk menambah modal trading anda secara bertahap melalui sisa modal yang anda miliki tadi. 

Itulah contoh cara melakukan diversifikasi modal untuk saham dan deposito / reksadana. Pos ini saya tulis karena memang harus diakui walaupun tidak wajib, diversifikasi instrumen investasi itu terkadang juga diperlukan, terutama untuk anda yang ingin mengembangkan investasi di beberapa instrumen. 

Tujuannya seperti yang saya tuliskan tadi: Anda punya pasif income yang risikonya sangat kecil, dan anda juga punya kesempatan mentradingkan saham (lebih aktif) dengan potensi return yang lebih tinggi. 

UNTUK ANDA YANG PUNYA MODAL KECIL 

Tidak semua orang memiliki modal besar. Buat anda memiliki modal yang masih relatif kecil misalnya Rp1-5 juta, maka ada baiknya anda masukkan dahulu full di saham (sesuaikan juga dengan profil risiko masing2). Anda tidak perlu melakukan diversifikasi investasi, misalnya masuk di deposito. 

Apalagi di beberapa bank, setoran awal minimal deposito adalah Rp8 juta. Maka tentu saja dengan modal kecil anda akan cenderung susah untuk diversifikasi. Diversifikasi investasi dengan modal kecil juga berpotensi menyebabkan return anda tidak maksimal. 

Jadi untuk anda yang punya modal kecil, modal kecil lebih bagus untuk diputar di trading saham (tentunya dengan memilih saham2 yang bagus), supaya modal kecil anda bisa berkembang jauh lebih banyak. 

Setelah anda memiliki modal besar (katankanlah Rp50 juta atau diatas Rp100 juta), barulah anda bisa pertimbangkan untuk diversifikasi sesuai dengan profil risiko anda. 
Nama

Acer,1,Analisis Saham (Fundamental),21,Analisis Saham (Teknikal),14,Android,98,Andromax C,1,andromax i new,1,apk,3,Aplikasi,2,appGames,2,Apps,52,Asus,3,Asus Tips,2,Axis,1,Bandarmologi Saham,2,Baterai,1,Belajar Saham Expert,23,Belajar Saham Intermediate,23,Belajar Saham Pemula,35,Berita,5,Browser,1,Buku,15,Corporate Action,10,Daftar Saham,3,Definisi,8,Desain,3,Download,4,Drone,1,Editor,7,Edukasi Saham,1,Effect,1,EMoney,3,Emulator,4,Facebook,2,Featured,19,Fitur,2,Gadget,60,Galaxy,2,Game,38,Games,13,Google,2,Grup Belajar Saham,1,Harddisk,1,Huawei,1,Human,1,IdnFinancial,1,IDX,6,Indeks Saham,6,Indihome,1,Indosat,1,Instagram,7,Internet,12,Investasi Saham,5,iOS,1,iPhone,3,Kalkulator Trading,1,Laptop,2,LG,1,Linux,1,Macbook,2,Manajemen Modal,5,Marketplace,2,Mekanisme Perdagangan,10,Modal Saham,8,Nabung Saham,3,Netflix,1,News,46,Opera Mini,2,Oppo,7,PC/KOMPUTER,3,Pengalaman Main Saham,2,Perbankan,2,Platform Aplikasi,7,Pokemon,2,Power Bank,1,Profit Konsisten,1,Provider,12,Realme,6,Refleksi,3,Rekomendasi Saham,2,review,6,ROOT,1,rooting,2,Saham Blue Chip,5,Saham Gocap,2,Saham Gorengan,13,Saham IPO,7,Saham LQ45,2,Saham Murah,6,Saham Online,6,Saham Tidur,2,Saham Turun,2,Samsung,27,scalping,4,Screening Saham,20,Sekuritas,2,Smartfren,1,Smartphone,35,Social Media,8,Social Messaging,18,Software,5,Software Trading,3,Speedtest,1,SSH,1,Startup,24,Swing Trading,2,Tech,12,Teknologi,19,Telkomsel,5,Tips,19,Tips dan Trik,4,Tips Investasi,19,tips triks,74,TIPS/TRIKS,2,Trading Harian,15,Trading Plan,3,Trading yang Benar,18,Tutorial,38,Tutorial Android,32,Tutorial Iphone,1,Tutorial Komputer,7,Ulasan Market,14,Ulasan Saham,13,Video,4,Vivo,8,Whatsapp,18,Wi-Fi,1,WiFi,3,Windows,17,Windows 10,6,Wow,208,Xiami,1,Xiaomi,18,XL,1,Youtube,3,
ltr
item
Wow Teknologi dot Com: Cara Diversifikasi Modal: Saham, Deposito, Reksadana
Cara Diversifikasi Modal: Saham, Deposito, Reksadana
https://1.bp.blogspot.com/-pvdbH9FugQ0/XYGT77ZfRGI/AAAAAAAAMZI/2wod312PGeMUOPMxN6BaMqJlXFmbBs2nQCNcBGAsYHQ/s400/Investasi%2Bsaham%2Bdan%2Bdeposito.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-pvdbH9FugQ0/XYGT77ZfRGI/AAAAAAAAMZI/2wod312PGeMUOPMxN6BaMqJlXFmbBs2nQCNcBGAsYHQ/s72-c/Investasi%2Bsaham%2Bdan%2Bdeposito.jpg
Wow Teknologi dot Com
https://www.wowteknologi.com/2019/09/cara-diversifikasi-modal-saham-deposito.html
https://www.wowteknologi.com/
https://www.wowteknologi.com/
https://www.wowteknologi.com/2019/09/cara-diversifikasi-modal-saham-deposito.html
true
5926493801603795123
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content